Sambungan dari BAB I PENDAHULUAN
3. STRATEGI PEMASARANa. Strategi Inti, yaitu strategi yang paling penting, yang harus diterapkan oleh semua bisnis dengan memanfaatkan unsur-unsur bauran pemasaran mulai penerapan STP (Segmentation, Targeting, Positioning)Positioning: cara bagaimana kita membuat produk kita tersimpan di benak orang lainb. Strategi DasarSetelah menerapkan strategi inti, yaitu setelah memposisikan produknya, perusahaan masih harus menerapkan strategi dasar.Menurut Porter (1985), ia menyatakan tiga strategi dasar, yaitu strategi Kepemimpinan Harga, Strategi Difrensiasi, dan Strategi Pocus.Kepemimpinan harga: menyesuaikan harga produk dengan targen pasar, atau membuat produk baru khusus kepada target pasar tertentu.Strategi difrensiasi: contohnya memperbanyak macaman rasa pada minuman yang awalnya hanya satu rasa.Strategi pocus: focus pada (pengembangan) satu produk.c. Posisi StrategisYaitu akibat penerapan strategi inti dan strategi dasar. Perusahaan akan sampai pada persaingan posisi strategis tertentu.Kotler dan Armstrong mendefinisikan Posisi Strategis sebagai Pengelompokan posisi strategis perusahaan atas dasar pangsa pasar yang terdiri dari 3 kelompok, yaitu: Pemimpim Pasar, Penantang Pasar, Perelung (mengambil ceruk (pangsa pasar yang kecil)).
FILOSOFI/KONSEP PEMASARANMenurut Kotler dan Armstrong ada 5 konsep dalam pemasaran, yaitu:a. Konsep ProduksiKonsep produk menganggap bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan sangat terjangkau sehingga manager harus memusatkan usahanya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.b. Konsep ProdukKonsep produk menganggap bahwa konsumen menyukai penampilan produk yang lebih tinggi mutunya, lebih hebat keragaannya dan lebih inovatif penampilannya.c. Konsep PemasaranKonsep pemasaran menganggap bahwa dalam mencapai tujuan harus ditentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran agar dapat memberikan kepuasan pada pasar agar lebih efektif dan efisien dari pesaing
0 komentar:
Posting Komentar