Senin, 18 Februari 2013

LINGKUNGAN PEMASARAN

LINGKUNGAN PEMASARAN

Lingkungan pemasaran adalah suatu lingkungan aktif yang mempengaruhi proses produksi dan pemasaran.
A.    Lingkungan Mikro
1.      Perusahaan
2.      Pemasok (Supplier)
3.      Perantara pemasaran
4.      Pelanggan
5.      Pesaing
6.      Publik
Publik adalah suatu kelompok yang mempunyai perhatian atau pengaruh nyata atau potensial terhadap kemampuan perusahaan untuk mewujudkan tujuannya.
Publik ada 7 (tujuh), yaitu:
a.       Publik Keuangan
Publik Keuangan mempengaruhi kemampuan keuangan perusahaan untuk mendapatkan dana
b.      Publik Media
Publik Media adalah yang membawa berita, fitur dan opini editorial (terkini)
c.       Publik Pemerintah
Publik Pemerintah menentukan peraturan dan perundang-undangan
d.      Publik Aksi Warga
Publik Aksi Warga adalah organisasi konsumen, kelompok lingkungan, kelompok minoritas dan lain-lain
e.       Publik Internal
Publik Intrnal yaitu para pekerja, staf karyawan, para menejer dan dewan direksi
f.       Publik Lokal
Publik Lokal yaitu pendududk atau komunitas sekitar lokasi perusahaan
g.      Publik Umum
Publik Umum yaitu anggota masyarakat secara keseluruhan
B.     Lingkungan Makro
1.      Lingkungan Demografis (kependudukan)
2.      Lingkungan Ekonomi, seperti inflasi, pengangguran dan pendapatan
3.      Lingkungan Alam (ketersediaan sumber daya alam)
4.      Lingkungan Teknologi
5.      Lingkungan Politik, seperti penetapan Undang-Undang
6.      Lingkungan Sosial Budaya

0 komentar:

Posting Komentar