Senin, 18 Februari 2013

KEBIJAKAN PRODUK

KEBIJAKAN PRODUK
(FISIK)


Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk perhatian akuisisi* penggunaan dan konsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.

Tingkatan Produk

1. Produk Inti, yaitu tingkatan paling dasar yang akan menjawan pertanyaan manfaat apa yang bisa diperoleh dari produk tersebut

2. Produk Aktual, yaitu yang berada di sekitar Produk Inti yang memiliki lima ciri-ciri yaitu Tingkat Mutu, Fitur, Desain, Merek dan Bungkus

3. Produk Tingkatan, yaitu yang merupakan produk tambahan yang berada di sekeliling Produk Inti dan Produk Aktual dengan menyediakan tambahan jasa dan manfaat serta suatu pemecahan masalah



Klasifikasi Produk

a. Produk Konsumen, yaitu produk yang dibeli oleh konsumen akhir untuk konsumsi perorangan

Tipe Produk Konsumen:

  • Produk Kompenien, yaitu produk yang biasanya sering dibeli oleh konsumen secara langsung dengan pembanding dan upaya yang minimum
  • Produk Shopping (belanjaan), yaitu produk konsumen yang kurang permintaannya dimana pelanggan selalu membandingkan kenyamanan, mutu, harga, dan gayanya
  • Produk Spesial, yaitu produk konsumen dengan ciri-ciri yang unik dengan identitas merek dimana sekelompok pembeli bersedia untuk melalkukan upaya khusus
  • Produk Tidak Dicari, yaitu produk yang tidak dikenal, kalaupun dikenal biasanya orang tidak berpikir untuk membelinya 

*
Akuisisi adalah Perpindahan kepemilikan
Contoh:
CIMB Niaga
UDB Buana
ICB Bumi Putera
DCBC NISP

Marger adalah Penggabungan perusahaan

Contoh: Penggabungan Bank Eksim, Bank Lapindo, Bank Dagang Negara dan Bank Budi Daya menjadi Bank Mandiri

0 komentar:

Posting Komentar