Pembahasan kali ini adalah lanjutan dari Menggerakkan Ekonomi Kreatif antara Tuntutan dan kebutuhan (1), jika Anda belum membacanya silahkan baca di sini.
C. Perkembangan ekonomi kreatif di arus pembangunan ekonomi modern
Kunci keberhasilan pembangunan ekonomi dan pembangunan bisnis terletak pada keunggulan modal manusia dalam membangun ekonomi kreatif, melalui a). Investasi jangnka panjang pada pendidikan, b). Modernisasi infrastruktur informasi, c). Peningkatan infrastruktur untuk pembangunan kreativitas dan inovasi d). Menciptakan lingkungan ekonomi yang kondusif.
Dalam membangun perekonomian perlu dipadukan antara aset fisik dengan aset nir-fisik yaitu berupa modal sosial, modal intelektual serta unsur-unsur lain seperti kreativitas dan inovasi.
Inovasi akan tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan jika ditopang dan mengakarkan dirinya pada kekuatan mutu aset nir-fisik termasuk mutu modal manusia. Komponen aset nir-fisik:
- Modal sosial
- Modal intelektual
- Modal spritual
Dalam ekonomi kreatif pengetahuan memiliki peran yang lebih dominan dengan alasan:
a. Pengetahuan adalah bentuk dasar dari kapital
b. Upaya pengembangan teknologi baru dapat menciptakan technical flatform untuk inovasi lebih lanjut yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekonomi.
c. Teknologi dapat meningkatkan nilai pengembalian investasi yang tidak dapat dilakukan bila hanya menambah tenaga kerja dan sumber daya material.
d. Investasi dan teknologi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dan berkelanjutan
D. Pengembangan aset nir-fisik
Aset nir-fisik adalah bentuk lain dari perusahaan yang sifatnya unik, tersembunyi dan sulit ditiru, namun aset ini memiliki nilai ekonomi bagi perusahaan. Inpirasi untuk berkreasi:
- Komitmen untuk belajar
- Terbuka terhadap pemikiran baru
- Mempunyai visi bersama
5 dimensi prilaku menager untuk praktik organisasi:
- Keterbukaan
- Berpikir sistematik
- Kreativitas
- Semangat proaktif
- empati
Sumber pembelajaran organisasi:
- Ide-ide karyawan
- Riset dan perkembangan
- Input konsumen
- Praktik sharing yang terbaik
- Patok dugo atau bench marking
Dan adapun pembelajaran itu sendiri adalah:
- Suatu proses bukan suatu hasil
- Sarana untuk memproleh pengalaman
- Dan sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan
3 pilar utama modal nir-fisik, yaitu:
a. Kepercayaan (trust)
b. Jaringan (networking)
c. Norma-norma (norm)
Modal sosial dibangun berdasarkan prinsip kebajikan bersama, simpati dan empati, serta tingkat kohesivitas hubungan antar individu suatu kelompok. Inti dari modal sosial adalah hubungan sosisal yang dilandasi oleh ketaatan terhadap norma-norma yang dianut dan yang mampu mempasilitasi dan mengkoordinasikan tindakan dalam mencapai tujuan bersama.
Karakteristik yang dimiliki modal sosial antara lain:
a. Merupakan aset jangka panjang
b. Investasi tidak dapat diukur secara kuantitatif
c. Dapat disediakan dalam bentuk jaringan dan diukur dengan modal lain
d. Dapat mensubsitusikan sumber daya lain
e. Merupakan barang kolektif yang penggunaannya tanpa saingan
f. Memerlukan pemeliharaan dan ikatan sosial
g. Selalu berhubungan denga sektor lain
Syarat-syarat untuk mempertahankan jaringn bisnis:
1. Mengembangkan berbagai aspek kerja sama, seperti aspek pembelian, pengembangan sumber daya manusia, mengembangkan dan meningkatkan produk dan kerja sama pemasaran
2. Adanya disiplin, kejujuran dan sikap saling percaya dan sikap kesungguhan yang kuat antara semua pihak yang berkepentingan dalam melaksanakan kerja sama yang telah disepakati
3. Adanya tekat yang kuat untuk meraih kemajuan dalam kebersamaan
4. Mengedepankan sikap tyransparansi dalam setiap tindakan yang melibatkan kepentingan bersama
5. Berusaha kuat menangani setiap masalah dan perbe3daan demi kepentingan bersama
6. Kerja jaringan yang efektif yang mampu menciptakan network ties dengan stockholders perusahaan yang bisa membuat kerja jaringan sebagai subjek transaksional untuk mencapai manfaat yang lebih banyak
7. Memberi dan menerima
8. Memberi kontribusi dan menerima dukunngan
9. Menawarkan dan meminta
10. Mengajukan kebutuhan pihak mitra dan mengajukan kebutuhan perusahaan
11. Percaya dan tekun
Adapun manfaat dari memperluas jaringan itu sendiri adalah untuk memiliki kesempatan yang lebih besar dan terbuka untuk:
a. Memasuki pasar baru
b. Melakukan penawaran bersama untuk membangun proyek-proyek besar
c. Menciptakan produk dan jasa yang baru atau membangun keberadaan perusahaan pada pasar internasional dengan biaya yang secxara individu lebih rendah
d. Menkoordinasikan produk-produk baru atau yang telah beredar di masyarakat atau di pasar
e. Mengakses informasi dan pengetahuan penting tentang usaha
f. Mengurangi biaya produksi dan pemasaran barang
g. Memperbaiki teknologi proses produksi
h. Membentuk jaringan pemasaran dan distribusi yang efektif dan efisien
i. Memberikan alternatif solusi permasalahan
Imkplementasi dari segala bentuk jaringan bisnis itu dilandasi oleh:
- Fokus untuk memuaskan kebutuhan pelanggan berjangka panjang
- Transaksi bisnis dilandaskan berdasarkan konpetensi dan kualitas hubungan jangka panjang antara pihak terkait
- Kemitraan bisnis merupakandasar untuk membangun transaksi bisnis
Ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang menjadikan kreativitas, budaya, warisan budaya dan lingkungan sebagai tumpuan masa depan. Ada 5 pola pikir utama yang diperlukan di masa mendatang , yaitu:
a. Pola pikir disipliner, yaitu pola pikir yang dipelajari di bangku pendidikan
b. Pola pikir mensistesiskan, yaitu kemampuan menggabungkan ide-ide dari berbagai disiplin ilmu atau menyatukannya kedalam satu kesatuan dan kemampuan menyampaikan hasil integrasi itu pada orang lain
c. Pola pikir kreasi, yaitu kemampuan untuk menemukan dan mengungkapkan jawaban dari suatu masalah yang ada yang harus dipecahkan
d. Pola pikir penghargaan, yaitu kesadaran untuk mengapresiasi perbedaan diantara kelompok-kelompok manusia
e. Pola pikir etis, yaitu kesadaran untuk memiliki tanggung jawab moral yang tinggi baik sebagai seorang pekerja maupun sebagai warga negara
7 kemampuan yang harus disiapkan oleh orang-orang yang ingin berlaga di arena pekrjaan apapun, yaitu kemampuan:
- Berkolaborasi dan mengorkestrasi
- Menjabarkan suatu konteks
- Mengsistesiskan segala sesuatu
- Menciptakan nilai tambah
- Beradaptasi terhadap lingkungan baru
- Kesadaran yang tinggi terhadap fungsi kelestarian alam
- Kemampuan andal dalam menciptakan kandungan lokal
Visi dan Misi Ekonomi Kreatif Indonesia
Visi: “Bangsa Indonesia yang berkualitas hidup dan bercitra kreatif di mata dunia”
Misi: Memberdayakan SDM Indonesia sebagai modal utama pembangunan nasional untuk:
a. Peningkatan kontribusi industri kreatif dalam PDB Indonesia
b. Peningkatan penyerapan tenaga kerja sebagai dampak terbukanya lapangan kerja baru di industri kreatif
c. Peningkatan ekspor nasional yang berbasis kreativitas
d. Peningkatan jumlah perusahaan yang berdaya saing tinggi di industri kreatif
e. Pengutamaan dalam pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan bagi bumi dan generasi yang akan datang
f. Menciptakan nilai ekonomis dari inovasi kreatif
g. Menumbuhkan kawasan kreatif potensial
h. Penguatan citra kreatif pada produk/jasa sebagai upaya pencitraan negara Indonesia di mata dunia internasional
0 komentar:
Posting Komentar